JENIS – JENIS BANK GARANSI

Jaminan Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun (SP2D)
November 19, 2020
Jasa Bank Garansi Jakarta
Jasa Bank Garansi Jakarta
Februari 20, 2021

Pengertian Bank Garansi Menurut Para Ahli

Menurut SK Direksi BI NO. 23/88/KEP/DIR 18 Maret 1991, Bank Garansi adalah warkat yang diterbitkan oleh bank (penjamin) yang berupa kewajiban membayar terhadap pihak peneria garansi (kreditur) apabila pihak yang dijamin (debitur) cidera janji atau wanprestasi.

Lukman Dendawijaya (2005)
Menurut Lukman Dendawijaya, Bank Garansi adalah suatu pernyataan tertulis berasal dari pihak bank mengenai kesanggupan pihak bank untuk membayar pihak ketiga apabila terjadi kondisi khusus yakni nasabah bank berikut tidak mampu melaksanakan pembayaran sesuai dengan perjanjian atau tidak mampu memenuhi kewajiban lainnya.

JENIS JENIS BANK GARANSI

  1. Bank Garansi Pembelian

Bank garansi diberikan kepada supplier/pabrik sebagai jaminan pembayaran atas pembelian barang oleh nasabah atau pihak yang dijamin oleh bank.

  1. Bank Garansi Pita Cukai Tembakau

Bank garansi yang diberikan kantor bea cukai sebagai jaminan pembayaran pita cukai tembakau atas rokok yang dijual oleh pabrik rokok, dalam hal ini pihak yang dijamin adalah pabrik rokok.

  1. Bank Garansi Penangguhan Bea Masuk

Bank garansi yang diberikan kepada kantor bea cukai sebagai jaminan pembayaran bea masuk atas barang yang dikeluarkan dari pelabuhan milik nasabah.

  1. Bank garansi tender (Bid Bond)

Bank garansi yang diberikan kepada pemilik proyek (bouwheer) untuk kepentingan kontraktor/leverensi yang akan mengikuti tender atas suatu proyek, dalam hal ini pihak yang dijamin adalah kontraktor/leverensi tersebut. Salah satu persyaratan kontraktor/leverensi dapat mengikuti tender adalah menyerahkan bank garansi.JENIS JENIS BANK GARANSI

  1. Bank Garansi Pelaksanaan(Perfomance Bond)

Bank garansi yang diberikan kepada pemilik proyek (bouwheer) untuk kepentingan kontraktor/leverensi guna menjamin pelaksanaan pekerjaan/proyek oleh kontraktor/leverensi, dalam hal ini pihak yang dijamin adalah kontraktor/leverensi.

  1. Bank Garansi Uang Muka (Advance Payment Bond)

Bank garansi yang diberikan kepada pemilik proyek (bouwheer) untuk kepentingan kontraktor/leverensi atas uang muka yang diterima oleh kontraktor/leverensi, dalam hal ini pihak yang dijamin adalah kontraktor/leverensi.

  1.  Bank Garansi Pemeliharaan (Retention Bond)

Bank garansi yang diberikan pemilik proyek (bouwheer) untuk kepentingan kontraktor/leverensi guna menjamin pemeliharaan atas proyek yang telah diselesaikan oleh kontraktor/leverensi. https://www.serawaigroup.com-bank-garansi

kami bisa bntu penerbitan jaminan bank garansi, Jika ada permintaan segera konsultasikan ke kami :

salam

admin serawai group

C A L L